Jumat, 30 Maret 2018

Mengenal arti warna kabel


Tentunya kita semua sudah tahu bahwa di setiap rumah yang sudah terpasang instalasi listrik pasti terdapat kabel. Karena listrik tersebut mengalir melalui kabel. Ada banyak sekali jenis kabel yang digunakan mulai dari kabel tunggal sampai dengan kabel serabut.
Selain itu merk kabelnya pun juga berbeda-beda karena saat ini ada banyak sekali produsen kabel baik lokal maupun luar negeri. Sebenarnya ada beberapa hal yang harus diperhatikan kaitannya dengan kabel instalasi listrik. Salah satunya adalah warnanya. Ya, jadi masing-masing warna kabel instalasi listrik di rumah punya arti atau makna tersendiri.
Oleh sebab itu penting bagi kita untuk mengetahui arti warna kabel instalasi listrik guna menghindari terjadinya masalah seperti konsleting dan lain-lain. Buat anda para teknisi listrik mungkin sudah sangat familiar dengan arti dari berbagai macam warna kabel instalasi listrik. Namun buat anda yang orang biasa tentu akan sedikit membingungkan.
Arti Warna Kabel Instalasi Listrik
Karena itu pada kesempatan kali ini belajarelektronika.net akan berbagi sedikit informasi kepada anda semua mengenai penjelasan atau arti warna kabel instalasi listrik di rumah mulai dari warna merah, hitam, biru, kuning, sampai dengan kuning strip hijau. Penasaran? Langsung saja simak ulasan berikut.
Secara umum, kabel-kabel yang kita ketahui seperti NYA, NYM, dan NYY memiliki tiga konfigurasi warna yang berbeda-beda. Ketiga warna tersebut antara lain adalah biru, kuning, dan hitam. Masing-masing warna punya arti dan penjelasan yang berbeda-beda. Berikut arti dari warna kabel biru, kuning, dan hitam.
  • Biru : digunakan untuk muatan listrik negatif atau netral
  • Kuning : digunakan untuk grounding atau pentanahan
  • Hitam : digunakan untuk muatan listrikpositif atau fasa atau api
Selain itu ada juga beberapa warna kabel lain yang mungkin anda jumpai di lapangan seperti warna hijau strip kuning, merah, dan lain sebagainya. Berikut penjelasan mengenai warna-warna isolasi kabel tersebut agar anda tidak salah mengenali sehingga terjadi masalah yang membahayakan seperti konsleting dan lain-lain.
Warna Merah, Kuning, Hitam
Kabel instalasi listrik berwarna merah, kuning, dan hitam digunakan untuk muatan listrik positif. Hati-hati saat anda menemukan kabel dengan warna ini karena nyetrum bila terkena kulit. Selain itu kabel jenis ini saat dialiri listrik dan diuji menggunakan tespen, maka tespen tersebut akan menyala.
Warna Biru
Kabel instalasi listrik berwarna biru digunakan untuk muatan listrik negatif. Kebal instalasi listrik warna biru ini tidak nyetrum bila terkena kulit. Jadi anda tidak perlu kawatir. Selain itu kabel jenis ini saat dialiri listrik dan diuji menggunakan tespen, maka tespen tersebut tidak akan menyala.
Warna Kuning Strip Hijau
Kabel instalasi listrik berwarna kuning strip hijau ini digunakan untuk muatan listrik arde yang diambil dari tanah alias ground. Kabell grounding ini dibuat untuk urusan keamanan. Grounding dapat dibuat dengan cara menanam pipa logam ke dalam tanah yang nantinya disambungkan pada terminal stopkontak.


0 komentar:

Posting Komentar