Senin, 19 Maret 2018

Kamera DSLR Terbaru dan Terbaik 2018 – Rekomendasi Pemula



Apa sih sebenarnya kamera DSLR itu?
Kamera DSLR (Digital Single Lens Reflex) merupakan salah satu jenis kamera digital yang cara kerjanya memanfaatkan kemampuan cermin alias mirror untuk mengarahkan cahaya yang ditangkap oleh lensa menuju ke arah viewfinder.
Mungkin Anda akan bertanya, lalu kamera DSLR mana yang terbaik?
Melihat sekarang begitu banyak pilihan kamera jenis ini di pasaran. Jika Anda masih bingung dalam memilih jenis dan tipe kamera DSLR.
Bagi Anda yang masih bingung dengan perbedaan kamera dslr dan kamera mirrorless, bisa dibaca perbedaan kamera DSLR dan Mirrorless.
Masing-masing kamera ini memiliki kelebihan tersendiri, berikut 14 rekomendasi kamera DSLR terbaik 2018

Kamera DSLR Terbaik


Catatan : Harga bisa berubah sewaktu waktu

1. Kamera DSLR Canon EOS 5D Mark IV

Kamera DSLR ini dijamin menghasilkan kualitas foto terbaik, dan menjadi salah satu rekomendasi pertama labtekno. Tentu dengan badget yang lumayan. Kamera ini dibandrol dengan harga kamera DSLR Canon EOS 5D Mark IV berkisar 60 juta rupiah, kamera ini tidak akan mengecewakan Anda dalam hal kualitas foto yang dihasilkan.
Kamera DSLR Canon EOS 5D Mark IV
Dilengkapi sensor full-frame CMOS beresolusi 30.4 megapiksel dengan tingkat sensivitas ISO 32000, kamera ini benar-benar menawarkan kualitas foto yang sempurna saat ini.
Kamera DSLR Canon EOS 5D Mark IV dapat digunakan dalam beragam kebutuhan. Sempurna dalam kegiatan foto studio, memotret pemandangan baik siang atau malam hari, dokumentasi acara-acara penting, dan kebutuhan periklanan.
Kamera DSLR Canon EOS 5D Mark IV terbaik ini dibenamkan teknologi Dual Pixel CMOS AF. Teknologi ini berguna saat mengambil subyek dengan pergerakan cepat dan lebih akurat  baik dalam posisi landscape ataupun potrait.
Kamera DSLR ini juga dibekali prosesor Image DIGIC 6+, sehingga memungkinkan semua fitur kamera dapat dijalankan lebih cepat, dapat membidik foto secara beruntun hingga 7 frame per detik, baik di dalam maupun di luar ruangan.
Kamera DSLR Canon EOS 5D Mark IV juga dilengkapi dengan teknologi terbaru yaitu Intelligent Scene Analysis (iSA). Berfungsi mempertahankan konsistensi kualitas gambar saat pengambilan gambar secara beruntun.
Didukung dengan fitur anti-flicker untuk mendeteksi intensitas cahaya. Dilengkapi juga Intelligent Tracking and Recognition System (iTR AF) untuk melacak pergerakan subjek.
Bukan hanya terbaik dalam urusan foto, kamera DSLR Canon EOS 5D Mark IV juga dapat digunakan dalam merekam video hingga resolusi 4K. Dilengkapi dengan WiFi, sehingga memudahkan memindahkan hasil foto atau video dari kamera ke perangkat lain.
Bagi pemula, penggunaan kamera DSLR ini cukup rumit dan tidak direkomendasikan untuk Anda yang masih pemula yang baru akan membeli kamera.

2. Nikon D3300 kamera terbaik bagi pemula dengan guide mode

Pilihan kedua ada Nikon D3300 yang dibanderol dengan harga kamera Nikon D3300 sekitar Rp 6.135.000. Setelah Nikon D3200 rilis, Nikon memang memberikan upgrade pada kamera yang satu ini. Perlu diketahui bahwa kamera ini memiliki beragam keunggulan dibanding pendahulunya.
Nikon D3300
Ada beberapa fitur unggulan yang ditambahkan pada kamera ini, seperti update terbaru untuk video 1080/60p, adanya 11 poin autofocus, hingga guide mode untuk beginner yang memiliki desain dan bodi lebih ringan karena ukurannya yang kecil.
Namun sayangnya kamera ini masih belum memiliki Wi-Fi built.
Namun tampaknya Nikon terlihat lebih serius memberikan pembaruan dengan kualitas foto yang meningkat lebih tajam, yakni 24 MP. Tak hanya itu saja, format JPEG pada ISO 3200 juga terlihat minim noise jika dibandingkan Nikon D3200.
Pengguna bisa mendapatkan warna foto yang akurat, bahkan kualitas perekaman video berkualitas tinggi walau low light.
Berbicara mengenai performa, saat digunakan untuk memotret, kamera ini cukup cepat. Namun sayangnya saat digunakan untuk Live View, pengguna harus bersabar.
Sedangkan Viewfinder yang disematkan pada kamera ini juga masih tetap sedikit redup, bisa dibilang mirip kamera entry level seperti umumnya.
Pengguna juga perlu mencari titik fokus pada saat setengah menahan tombol. Namun untuk ukuran LCD memang cukup lebar dan terang, sehingga lebih lega saat digunakan. Bahkan saat dilihat di bawah sinar matahari yang terik akan terlihat lebih jelas.
Lalu berbicara mengenai bodi, kamera DSLR yang satu ini memang tidak berbeda jauh dengan seri-seri sebelumnya.
Namun ukurannya memang lebih ringan karena terbuat dari plastik, sehingga lebih nyaman saat digenggam di tangan. Pengguna juga akan lebih mudah memakai guide mode yang tersedia di dalam opsi auto maupun advance yang bisa diatur sendiri setting-nya.
Berbicara mengenai kelebihan, kamera ini mempunyai kualitas foto yang lebih baik jika dibanding dengan pendahulunya. Walau harus diakui bahwa performanya tidak terlalu tinggi, namun sudah sesuai dengan harga yang dibanderol. Beberapa fitur yang disematkan juga masih terbatas.
Perlu diketahui bahwa kualitas foto sangat bagus di kelasnya. Kemudian performanya juga begitu memuaskan, sehingga tetap layak masuk ke dalam jajaran kamera DSLR terbaik.

3. Nikon D3400 unggul untuk pemotretan melalui LCD view

Apabila Anda ingin memiliki kamera DSLR rilisan terbaru yang murah, Nikon D3400 bisa menjadi pilihannya. Kamera ini menjadi pilihan DSLR terbaik bagi para pemula, dengan harga kamera Nikon D3400 sekitar Rp 6.345.000.
Nikon D3400
Resolusi 24.2 megapiksel, ISO‎: ‎100 – 25,600 Sensor size‎: ‎APS-C; (23.5mm x 15.6mm) Native ISO‎: ‎100 – 25,600 Kit Lens‎: ‎3.06x zoom; 18-55mm;-megapiksel
Bisa dibilang di antara kamera rilisan lainnya di tahun ini, kamera ini merupakan DSLR termurah. Walau termurah, namun kualitas yang dimiliki oleh kamera ini juga berkualitas kok.
Tampaknya Nikon membawa beberapa pembaruan dari versi sebelumnya, yakni Nikon D3300.
Beberapa keunggulannya antara lain adanya lensa bawaan yang sudah cukup unggul untuk pemotretan melalui LCD view.
Secara keseluruhan, kamera ini memiliki foto dan video yang berkualitas sesuai dengan harganya. Hasil fotonya juga sedikit lebih tajam pada low light jika dibandingkan dengan seri pendahulunya karena memiliki sensor baru.
Namun sayangnya white balance yang disematkan secara otomatis kurang baik. Namun tenang saja, hal ini tidak akan banyak memengaruhi hasil foto, terlebih jika Anda tidak terlalu mempermasalahkan akurasi warna.
Tipe D3400 ini memiliki dua versi kit, yakni lensa AF-P yang lebih baik dan smooth untuk pemotretan melalui LDC view. Sedangkan lensa AF-P yang disematkan Nikon ini memang telah meningkat performanya. Kualitasnya lebih halus dan cepat. Kemudian autofocus selama perekaman video juga cukup memuaskan.
Berbicara mengenai keunggulan, Nikon D3400 mampu menghasilkan foto dan video berkualitas tinggi dengan kecepatan yang cocok untuk pemula maupun pengguna yang baru saja membeli kamera DSLR. Sedangkan kekurangannya terletak pada poin autofocus yang masih kecil di dalam viewfinder serta model self-timer yang cukup sulit. Kekurangn ini sebenarnya sudah ada pada seri sebelumnya.
Tak hanya itu saja, sistem wireless berupa Bluetooth yang dipakai untuk mentransfer data juga dirasa kurang bagus. Namun kualitas foto bisa dibilang sangat bagus untuk kelas kamera ini.
Kemudian kemampuannya pada fokus dan continous shooting juga sudah mumpuni dipakai untuk mode memotret pengguna pemula kamera DSLR. Bagi Anda yang menyukai traveling, kamera ini juga cocok digunakan.

4. Nikon D5500 Kamera bagi para traveler

Dari segi harga, Nikon D5500 ini memang jauh lebih mahal jika dibandingkan dengan dua tipe kamera di atas. Bisa dibilang kamera ini merupakan DSLR paling compact terbaik.
Kamera Nikon D5500
Dijual dengan harga kamera nikon D5500 Rp 10.250.000, kamera ini sebenarnya memiliki versi update dari D5300 dengan desain baru. CNET, sebuah situs teknologi, membuat review mengenai perubahan kamera ini ada sebanyak 50:50, tentu ada kelebihan dan kekurangannya.
Namun tenang saja, tentu kamera ini masih recommended bagi level menengah.
Disebutkan bahwa Nikon D5500 dilengkapi dengan lensa yang tidak sebagus sebelumnya, namun malah membuatnya menjadi lebih compact dan ringan, sehingga begitu tepat dibawa pada saat traveling.
Berbicara mengenai performanya, kamera ini cukup unggul untuk menjepret. Tidak berbeda jauh jika dibandingkan dengan kamera D5300.
Pengguna bisa mendapatkan hasil jepretan dalam JPEG pada pencahayaan low hingga very low (ISO 3200) yang masih bagus, walau ada sedikit penurunan warna. Namun tenang saja, hal ini masih dapat dikompromi dengan memotret dalam format RAW.
Berbicara mengenai performa perekaman video, pengguna bisa mendapatkan hasil yang sangat memuaskan. Bahkan hasilnya juga akan jauh lebih baik level-nya untuk kegiatan action, seperti saat berolahraga maupun liburan.
Kamera ini juga dapat digunakan untuk membuat video premium karena Nikon telah membekali dengan kemampuan flat picture yang berguna untuk mengolah area terang-gelap.
Namun sayangnya, kamera ini dikatakan kurang baik pada segi autofocus pada video yang sering mengambil adegan berlarian. Sedangkan untuk pemotretan cukup memuaskan.
Pegangan (grip) pada kamera tidak nyaman digenggam untuk orang dengan tangan berukuran besar. Nikon juga tidak meng-update aplikasi Wi-Fi.
Kekurangan-kekurangan tersebut tertutupi dengan ukuran yang ringan, compact, serta komplit dengan semua yang dibutuhkan para fotografer.

5. Nikon D5300 – DSLR all-in-one terbaik

Rekomendasi kamera DSLR selanjutnya yang dapat Anda pilih ialah Nikon D5300. Kamera yang dijual dengan harga Rp 6.400.000 ini disebut sebagai DSLR all-in-one terbaik. Kamera ini mempunyai fitur ciamik serta kecepatan memuaskan. Berbicara mengenai hasil juga tidak perlu khawatir karena hasilnya berkualitas tinggi di kelasnya.
Bahkan CNET juga memuji kualitas jepretannya sekelas Fujifilm X-M. Bahkan bisa dibilang lebih bagus karena beresolusi lebih tinggi.
Walau tone warnanya tidak terlalu berkualitas tinggi, namun ketajaman dan reproduksi warna yang dihasilkan cukup memuaskan. Foto JPEG yang dihasilkan pada low light tetap terlihat bagus. Sedangkan format JPEG tetap clean di ISO 800 hingga 1600, baru terlihat ada penurunan kualitas di ISO 3200.
Walau noise pada kamera meningkat, namun ketajamannya tetap tidak berpengaruh. Perlu diketahui bahwa Nikon D5300 ini menggunakan prosessor foto yang baru sehingga memungkinkan perekaman video 1080/60p dan tambahan ISO.
Kamera ini juga dilengkapi beberapa efek olah foto bawaan di kamera. Sedangkan untuk lensa bawaannya, ada versi kit lensa 18-140mm f3.5-5.6 yang lebih fleksibel daripada model sebelumnya. Berbicara mengenai kualitasnya, foto yang dihasilkan cukup memuaskan. Bahkan fitur-fitur kamera ini juga baik.
Kecepatannya juga mumpuni di kelasnya. Kemudian LCD yang disematkan juga lebih tinggi resolusinya, sedangkan viewfinder lebar. Namun sayangnya kamera ini mempunyai setting default yang seharusnya bisa lebih baik lagi karena area AF terlalu lebar sehingga akan sulit fokus.
Bahkan live view juga terbilang lambat pada saat digunakan. Dan perlu diingat bahwa Nikon D5300 masih menjadi pilihan terbaik saat Anda mencari DSLR yang mumpuni untuk semua area kebutuhan sebagai pemula.

6. Canon EOS 750D memiliki model high end

Kamera keluaran Canon ini sering dibilang sebagai kamera terbaik dikelasnya saat ini. Dengan dibanderol harga sekitar Rp 9.360.000, Canon EOS 750D dikatakan cukup memuaskan karena performa didalamnya yang lebih unggul jika dibandingkan seri sebelumnya.
Canon EOS 750D
Hal ini dilihat dari segi pemotretan yang memakai viewfinder atau via display. Tak hanya itu saja, kamera ini juga disematkan koneksi Wi-Fi yang bisa mempermudah penggunanya saat ingin melakukan perpindahan data.
Jika berbicara mengenai desain bodi, EOS 750D ini memiliki model high end, LCD yang baru, lockable mode dial, control dial pada belakang, dan minimnya tombol.
Lalu bagaimana untuk kualitas jepretannya?
Tentu tak perlu diragukan lagi. Kualitas foto sekaligus video dari video ini cukup bagus pada kondisi pencahayaan yang cukup. Sebenarnya kualitasnya bisa dikatakan sedikit di bawah untuk kelasnya, namun hal ini tidak terlalu terlihat.
Permasalahan seperti noise juga tidak menjadi masalah yang terlihat pada pemakaian ISO 1600 ke atas.
Perlu diketahui bahwa musuh terbesar dari kamera ini tentu bukan noise, namun tonal range. Detail dari gelap akan berkurang pada saat exposure terus menurun. Saat format diubah menjadi RAW juga tidak dapat menangkap banyak detail apabila dibandingkan dengan kamera serupa, salah satunya Nikon D5500.
Namun pengguna tidak perlu khawatir karena Canon telah memberikan pembaruan performa dengan menambah 19 autofokus area. Anda cukup mengeluarkan 0,3 detik saja untuk fokus dan menjepret di pencahayaan minim, baik dalam format JPEG dan RAW.
Berbicara mengenai kelebihan, kamera ini mempunyai performa jauh lebih bagus apabila dibandingkan dengan model sebelumnya. Bahkan desainnya juga tetap dipertahankan secara fungsional. Sedangkan kekurangannya terletak pada kualitas hasil foto maupun autofocus yang tidak sebanding pada saat dipakai dikondisi low light.
Canon EOS 750D memang masih meneruskan tradisi serinya sebagai kamera DSLR yang dikatakan paling memuaskan bagi para fotografer keluarga.

7. Nikon D5200 – fleksibelitas yang begitu tinggi

Kamera dengan spesifikasi 24.2 MP ini memiliki rentang ISO 100 yang mencapai 6400. Nikon D5200 dijual dengan perkiraan harga nikon d5200 sekitar Rp 5.000.000.
Keunggulan kamera ini terletak pada fleksibelitas yang begitu tinggi. Bahkan layarnya yang berukuran 3 inci pada belakang bodi kamera juga bisa mempermudah pengguna saat ingin mengambil gambar atau video dari banyak sudut pandang.
Dalam penggunaan kamera ini, Anda tidak perlu membungkukkan badan saat memotret subjek posisi rendah atau saat Anda hendak melakukan selfie (swafota ), cukup memutar layar kamera ini.
Nikon D5200 dilengkapi sensor CMOS DX-Format dengan resolusi 24,1 megapiksel dan prosesor Image EXPEED 3. Dengan sensor tersebut, kamera ini mampu memotret gambar dan merekam video yang tajam pada siang atau malam hari.
Selain itu, prosesor Image EXPEED 3 mampu mengoperasikan fitur Auto Focus di sepanjang 39 titik AF dan mengambil gambar secara beruntun sampai 5 frame per detik.
Dalam hal merekam video, Nikon D5200 dibenamkan fitur D-Movie yang mampu menghasilkan video full HD 1080p.
Kamera DSLR Nikon D5200 didukung fitur Full Time Servo AF dan AF Tracking. Berfungsi untuk melacak fokus subjek gambar bergerak.  Sehingga video yang dihasilkan tetap fokus dan tajam.

8. Canon EOS Rebel T5 terbaik untuk para penggila videografi

Salah satu kamera DSLR videografi yang bagus, namun dijual dengan harga terjangkau ialah Canon EOS Rebel T5. Sama seperti Nikon D3300, Canon EOS Rebel T5 juga sangat popular untuk para penggila videografi.
Canon EOS Rebel T5 hadir dengan harga yang sedikit lebih murah dibandingkan dengan Nikon D3300 terbaru, namun kualitas video yang dihasilkan tidak kalah bagusnya. Kamera Canon EOS Rebel T5 dibandrol dengan harga sekitar 6.4 – 6.6 juta rupiah.
Sehingga apabila Anda ingin menghemat uang yang lebih, maka Canon EOS Rebel T5 menjadi pilihan yang sangat bagus dan lebih baik untuk Anda.
Canon EOS Rebel T5 hadir dengan kemampuan merekam video HD 1080p dengan prosesor gambar DIGIC 4.
Tak hanya itu saja, kamera ini dilengkapi dengan layar LCD yang berukuran 3.0” untuk live view sehingga memudahkan Anda dalam merekam video.
Canon EOS Rebel T5 juga memiliki kualitas yang luar biasa sekalipun harus merekam dalam kondisi cahaya yang rendah karena memiliki fitur yang dikenal dengan ‘zone 63’ dan sistem meter lapisan rangkap dua (dual layer metering) yang membantu memperluas jangakauan ISO (100 – 12800 ).
Kamera ini memiliki fitur tambahan seperti still intelligent auto yang menditeksi pengaturan berdasarkan lingkungan jika Anda tidak ingin mengubah mereka. Secara keseluruhan, tampilan Canon EOS Rebel T5 cukup kasar dan ringan sehingga jika pengguna tidak melakukan perawatan yang bagus maka penggunaannya tidak akan tahan lama.
Oleh karena itu, sebaiknya lakukan perawatan yang tepat agar bisa menggunakan kamera ini dengan rentang waktu yang cukup lama.

9. Canon EOS 5D MARK III dengan feature weathershield

Harga kamera ini di bandrol sedikit mahal, yaitu sekitar 37 juta rupiah. Kamera ini hadir sebagai penerus 5D Mark II, ternyata 5D Mark III menjadi salah satu kamera favorit para fotografer profesional karena menawarkan berbagai macam kelebihan antara lain:
Resolusi kamera 22 megapiksel, dual slot SD card, burst images mencapai 6 fps, 61 titik fokus dengan 41 diantaranya cross-type, rentang ISO yang bisa dipilih mulai dari 100-25600, dan sekumpulan pilihan kontrol.
Hal ini membuat 5D Mark III sangat cocok untuk foto pernikahan. Anda juga tak perlu takut memotret di bawah kondisi cuaca yang ekstrim karena kamera ini sudah dilengkapi dengan feature weathershield yang handal.
Disamping itu, 5D Mark III sudah dilengkapi juga dengan modus metering yang akurat serta kinerja merekam video yang fantastis.
Kamera ini memiliki kualitas pemotretan yang lebih baik dan cepat dibandingkan merek sebelumnya yaitu Mark II; dan juga menawarkan kontrol yang lebih, serta memiliki aplikasi untuk video dan foto still-life yang lebih baik.
Lalu Apakah Anda seorang yang gemar dengan fotografi ataupun seorang profesional yang sehari-harinya bergantung pada sebuah kamera, maka 5D Mark III merupakan pilihan yang cocok.

10. Nikon D3200 kamera menengah dengan kualitas foto terbaik

Apabila dibandingkan dengan Nikon D3300, tentu kamera ini sedikit lebih murah tapi hadir dengan kualitas yang bagus untuk merekam video.
Nikon D3200 hadir dengan spesifikasi dan fitur seperti sensor DX-format CMOS 24.2MP, lensa VR untuk stabilisasi gambar, dan kualitas video full HD 1080, dan ISO 100 – 6400.
Nikon D3200
Harga kamera nikon D3200 ini diangka Rp 3.800.000- 3.900.000. Kelebihan kamera Nikon D3200 terletak pada kekuatan kamera yakni 24.2 megapixel.
Bisa dikatakan kamera ini mampu menghasilkan video dan foto berkualitas. Tak hanya untuk video saja, namun Anda juga dapat menggunakan kamera ini memotret.
Kamera ini tentu sangat pas untuk digunakan dalam merekam video, kemudian dipakai untuk memotret apabila budget yang dimiliki tidak cukup.

11. Canon EOS 80D mengincar foto pada kecepatan tinggi

Tipe yang satu ini merupaan kamera semi profesional yang mengusung sejumlah fitur yang bagus yang akan membuat para penggemarnya semakin dimanjakan. Misalnya fitur dual pixel AF yang bisa tracking subjek yang bergerak.
Kamera DSLR ini dibandrol dengan harga sekitar 14-20 jutaan.
Tak hanya itu, burst foto mencapai 7 fps tentu sangat membantu fotografer olahraga yang mengincar foto pada kecepatan yang tinggi. Semuanya itu didukung oleh sensor APSC 24MP serta sistem fokus dengan 45 titik, di dukung ISO 100 – 3200.
Semuanya itu merupakan tipe cross. Kehadiran kamera Canon EOS 80D secara langsung berhadapan dengan Nikon D7200 dalam pasar penjualan.
Meskipun demikin, Canon EOS 80D menang dalam hal fitur video yang jauh lebih mulus sistem fokusnya saat ‘live view’ dibandingkan dengan Nikon D7200.

12. Canon EOS 5DS R kamera dengan resolusi tinggi terbaik

Canon EOS 5DS R merupakan pilihan kamera yang terbaik dari jenis DSLR pada era sekarang. Kamera ini dilengkapi dengan layar berukuran 3.2 inch dengan prosesor dual digic 6 serta autofocus mencapai 61 titik. Bahkan kamera ini memiliki resolusi yang tinggi hingga 50.6 MP.
Dengan spesifikasi yang dimiliki, kamera Canon EOS 5DS R di bandrol dengan harga yang mahal, berkisar di angka 50 juta rupiah.
Dengan resolusi yang setinggi itu pasti kamera ini mampu menangkap gambar dengan jernih dan tajam.
Menawarkan ISO 6400, sehingga minim noise. Beberapa fitur baru juga tersedia dalam kamera guna menambah kualitas foto dan video yang dihasilkan.
EOS 5DS R menciptakan gambar jelas yang memukau dengan resolusi tinggi. Dengan resolusi 50,6 megapiksel, kamera berpiksel ultra tinggi ini menawarkan pemotretan bersambungan dengan kecepatan tinggi maksimum sekitar 5 fps.
Fitur lain seperti AF retikular mencapai 61 titik dan EOS iTR, EOS 5DS R merupakan kamera berpiksel ultra tinggi terbaik saat ini.
Sensor CMOS full frame 50,6 megapiksel, DIGIC 6 Ganda dan memiliki Sensor pengukuran RGB + IR 150,000 piksel, 252 area

13. Nikon D500

Kamera Nikon D500 Body dibandrol dengan harga berkisar 25-26 juta rupiah. Memiliki spesifikasi Resolusi Kamera sebesar : 21 megapiksel, ISO maksimum 51200, maksimum Shutter Speed: 1/8000 s, Tipe Sensor: CMOS.
Kamera yang satu ini cukup banyak diminati oleh para fotografer profesional karena memiliki LCD touchscreen yang bisa berfungsi maksimal saat memotret ataupun mengambil video dengan cepat.
Kapasitas baterainya pun mampu membidik foto hingga 1240 pieces. Bodinya tidak terlalu besar dan volumenya tidak terlalu berat ditambah dengan auto focus fine tune yang bagus untuk kalibrasi akurasi fokus lensa.
Nikon D500 menggunakan body magnesium allloydibagian atas dan belakang dengan bahan tambahan karbon dibagian depan.
Kamera ini dilengkapii fitur weather sealing sehingga tahan terhadap cipratan air dan mampu memotret di kondisi bersalju.

14. Nikon D810

Kamera yang sedang populer ini dilengkapi dengan teknologi canggih untuk memenuhi kebutuhan para fotografer profesional.
Kamera ini dibekali dengan sensor CMOS FX beresolusi 36.3 MP serta prosesor EXPEED 4 untuk meminimalisir noise. Kamera Nikon D810 juga didukung dengan ISO rendah mulai dari ISO 64 hingga ISO 12800 yang dapat diekspansi menjadi ISO 32 hingga ISO 51200.
Kamera DSLR Nikon D810 sangat digemari oelh pecinta astrofotografer. Dengan harga kamera Nikon D810 berkisar di 40 juta rupiah.
Nikon D810
Kamera ini juga dilengkapi dengan hight speed countinuous shooting 5FPS dalam format FX dan 7 FPS dalam format DX,
Itu tadi beberapa rekomendasi kamera DSLR terbaik yang bisa Anda pilih. BAeberapa rekomendasi di atas telah menjabarkan kamera-kamera terbaik dalam kelasnya. Tentu harga yang dijual berbeda-beda, sesuai dengan kelas dari kamera tersebut.
Anda juga perlu membedakan antara fitur memotret dengan merekam video pada kamera DSLR.
Pada saat Anda membeli kamera DSLR untuk fotografi, tentu Anda bisa mengatakan bahwa bonus yang didapatkan pada kamera tersebut merupakan fitur untuk merekam video. Biasanya dengan hadirnya fitur merekam video pada kamera DSLR tersebut, maka Anda tidak perlu lagi membawa handycam atau alat rekam video lainnya untuk mengambil video.
Banyak kamera DSLR yang mampu menghasilkan video berkualitas yang tak kalah dengan hasil video dari handycam. Biasanya banyak orang yang lebih memilih untuk menggunakan kamera DSLR sebagai alat untuk memotret dan merekam video. Biasanya alasannya karena ukurannya yang praktis, kemudian kemampuannya juga bagus.
Ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan saat hendak memilih kamera DSLR terbaik. Baik itu pertimbangan teknis dan non teknis.
Non teknis misalnya masalah keuangan atau anggaran.
Tentu ada begitu banyak kamera DSLR yang layak dan berkualitas. Pertama, ketahui harga dan budget. Keduanya tentu sangat berkaitan. Anda menginginkan kamera dengan harga tertentu, tapi budget tak mencukupi tentu sia-sia bukan?
Jika Anda memiliki budget tanpa batas, tentunya harga takkan pernah jadi masalah. Beda apabila Anda memiliki budget terbatas, maka Anda harus menentukan range harga kamera sesuai dengan budget.

5 Tips memilih dan membeli kamera DSLR bagi pemula labtekno.com

Bagi pemula, menentukan jenis kamera DSLR apa yang akan dibeli sangat penting. Ini karena pemula belum paham betul apa kamera terbaik yang cocok untuk mereka.
Secara umum ada 5 hal yang harus anda perhatikan betul-betul ;
  1. Kebutuhan
  2. Budget
  3. Merek
  4. Spesifikasi kamera
  5. Jaminan Garansi
Labtekno.com mencoba mengulas apa saja yang harus dipertimbngkan dalam memilih kamera DSLR pertama Anda.

1. Sesuaikan dengan keinginan / Kebutuhan Anda

Dalam membeli kamera, saya yakin Anda memiliki keinginan pada tipe atau merk tertentu,
Misalnya ketertarikan Anda pada dunia fotografi membuat anda ingin membeli kamera DSLR.  Atau sekedar ingin memiliki DSLR.
Tujuan akan menentukan kamera DSLR apa yang tepat untuk Anda. Jika tujuan untuk fotografi tentu membeli kamera DSLR semipro yang fiturnya mendukung tujuan fotografi Anda.  Jika tujuan Anda fotografi semi professional, Anda bisa memiilih kamera Canon EOS 80D.

2. Berapa uang yang Anda miliki

Jika Anda hanya akan membeli kamera DSLR biasa setidaknya sediakan anggaran 4-5 juta rupiah itu sudah cukup.
Tetapi jika anda ingin membeli kamera DSLR semipro bahkan pro (dengan asesoris pendukung misalnya : lensa, tripod, tas atau memory card) Anda harus sediakan anggaran 15-100 juta rupiah.

3. Merek

Biasanya merek akan membawa harga selain spesifikasi. Setidaknya ada 6 merk kamera DSLR yang sudah terpercaya ; Canon, Nikon, Pentax, Sony, Olympus, dan Konica Minolta.
Diagram perbandingan kamera DSLR
Setiap merk memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.
Canon dan Nikon dalam beberapa survey masih menjadi merk kamera DSLR favorit. Berikut diagram hasil survei tersebut.

4. Perhatikan spesifikasi kamera

Kerja sensor dalam kamera DSLR merupakan komponen sensitif cahaya yang berfungsi mengambil gambar secara digital saat shutter ditekan. Ukuran besar kecilnya sensor menentukan seberapa besar cahaya yang digunakan untuk mengambil sebuah foto.
Ada dua sensor yang dapat kita pilih, yaitu sensor APS-C (disebut juga sensor Crop) dan sensor full frame. Bedanya, sensor full frame memiliki jangkauan lebih luas dan hasil fotonya pun lebih tajam dan menjadi favorit fotografer profesional.
Inilah alas an kamera DSLR bersensor full frame berharga lebih mahal daripada kamera DSLR bersensor APS-C. Jika Anda masih pemula dengan budget minim kamera dengan sensor APS-C sudah cukup Anda gunakan untuk belajar fotografi.
Perhitungkan  berapa ukuran megapixel Kamera DSLR, ukuran resolusi kamera di hitung dalam megapiksel, semakin besar megapiksep, maka semakin bagus kualitas foto yang dihasilkan.
Tapi, resolusi tinggi tanpa dibarengi dengan sensivitas akan berpengaruh pada hasil foto yang didapatkan.
Resolusi jangan dijadikan perhitungan utama dalam membeli kamera DSLR terbaik. Meskipun tahun 2018 banyak kamera terbaru, jangan sampai salah pilih.
Rata-rata kamera DSLR yang ada sekarang sudah memiliki resolusi minimal 10 megapiksel. Perlu diketahui, 10 megapiksel pada kamera DSLR setara dengan 40megapiksel pada kamera smartphone.
ISO, ISO dalam kamera DSLR adalah ukuran sensitivitas sensor dalam kamera dalam menangkap cahaya. Semakin besar ISO, semakin baik juga kualitas foto yang diambil dalam keadaan kurang cahaya.
Bisa dilihat contoh foto di bawah ini :
perbandingan foto ISO
Perhitungkan kualitas dalam kecepatan kamera di sini adalah kemampuan kamera DSLR dalam mengambil subyek bergerak. Dan rata-rata kamera DSLR sudah memiliki fitur kecepatan yang cukup (diukur dalam frame per detik).
Berikut kecepatan kamera sesuai kebutuhan:
Fotografi secara umum: 3 frame per detik
Subyek bergerak (misal aktivitas anak yang sedang bermain dan hewan subyek peliharaan): 5 frame per detik
Subyek bergerak cepat (misalnya olahraga lari, sepakbola dan hewan di alam liar di alam bebas seperti di afrika): 5-10 frame per detik.
Apakah kamera menyediakan fitur Video ? ini menjadi poin penting yang harus di perhatikan dalam menilai kemampuan dan fitur sebuah kamera.
Kamera DSLR rata-rata juga memiliki vitur video, dan tentu berbeda antar kamera menyesuikan tipe kamera tersebut.
Kini hamper semua kamera DSLR terbaru keluaran mulai tahun 2017 dan 2018 sudah mampu merekam video dalam format HD. Artinya sudah bagus dalam kualitas video.

5. Menyediakan Garansi

Kamera berkualitas dari merk yang terpercaya pasti akan menyediakan garansi, ada dua jenis garansi biasanya, garansi took dan garansi pabrik.
Pastikan kedua garansi ini tersedia sehingga jika terjadi kerusakan atau masalah pada kamera DSLR yang sudah Anda beli.

Penutup

Dengan banyaknya pilihan jenis kamera DSLR di tahun 2018, Anda harus jitu dalam menentukan kamera terbaik.

0 komentar:

Posting Komentar