Senin, 26 Maret 2018

Ingin Masuk Hotspot Wi-Fi tanpa Input Sandi dari HP Android? ini caranya

Umumnya para pemilik HP android bila ingin masuk ke jaringan Hotspot diperlukan kata sandi (password), hal tersebut tentunya hak dari setiap pemilik dan penyedia Hotspot WiFi apakah ingin diakses klien secara bebas atau memang ingin dalam mode aman dengan menggunakan kata sandi sebagai akses masuk ke dalam jaringan.
Untuk pembahasan kali ini admin akan memberikan tips bagaimana alternatif untuk masuk ke jaringan WiFi tanpa menasukkan kata sandi walaupun di perangkat Hotspot tersebut menggunakan keamanan yang mengharuskan para klien untuk terhubung di jaringan menggunakan password yang telah ditentukan.
Cara Masuk Hotspot WiFi tanpa Sandi dari Android

Sebenarnya ada 2 alternatif yang ditawarkan secara default oleh sistem android untuk terhubung ke sebuah jaringan WiFi, yang mana penyedia Hotspot menggunakan Router sebagai akses masuk dan dienkripsi menggunakan sandi, kemudian si klien akan bisa terhubung dan mendapat akses masuk dengan menginput sandi dan ada juga dengan cara menekan tombol yang namanya WPS (Wireless Protected Setup).
Nah itulah yang akan kita bahas kali ini, yaitu masuk ke Hotspot WiFi menggunakan Tombol WPS. Nah, pertanyaannya, apa sih WPS itu, apakah di android ada opsi konek ke WiFi menggunakan WPS?, tentu ada dong dan admin akan membahasnya untuk pembaca tercinta Dunia Android.

Apa itu WPS WiFi ?


WPS merupakan singkatan dari Wireless Protected Setup, dimana arti dan fungsinya agar mudah dipahami adalah standar keamanan jaringan tanpa kabel (Wireless) yang mempermudah koneksi antar perangkat (router dan klien) dengan lebih cepat tanpa memasukkan kata sandi. Dimana fitur WPS sendiri hanya tersedia untuk Router WiFi yang menggunakan fitur keamanan WPA maupun WPA2.
Jadi bila Penyedia Hotspot atau anda sendiri yang mempunyai router untuk akses jaringan WiFi bila di dalamnya ada fitur akses keamanan WPA/WPA2 maka anda bisa dengan mudah mendapat koneksi dengan menggunakan fitur WPS yang juga ada di ponsel android.

Syarat menggunakan Fitur WPS

Ada satu persyaratan yang harus dipenuhi ketika ponsel android ingin terhubung ke Hotspot / Router WiFi dengan memanfaatkan opsi WPS yaitu perangkat router WiFi harus meng-enable atau mengaktifkan terlebih dahulu hak akses dnegan menggunakan WPS. Bila pemilik Router atau penyedia WiFi tidak mengaktifkan fitur WPS maka anda (pemilik smartphone atau PC) tidak akan bisa terhubung ke jaringan menggunakan opsi WPS yang berarti harus menggunakan fitur keamanan dengan memasukkan sandi dari jaringan Hotspot.

Cara koneksi WiFi Android menggunakan Tombol WPS


Bila anda ingin terhubung ke Hotspot menggunakan opsi WPS maka harus ada ijin dahulu dari pemilik router karena nantinya ketika anda menekan opsi WPS di android maka si pemilik router Hotsopt juga harus menekan tombol WPS di perangkatnya agar proses pairing bisa sukses dilakukan.

1. Siapkan ponsel android, masuk ke opsi pengaturan kemudian masuk ke opsi WiFi

2. Di halaman WiFi android silahkan tekan Ikon WPS atau bila sulit menemukan opsi ini silahkan masuk ke opsi Konfigurasi / Setelan WiFi ( setiap versi sistem dan type HP android akan berbeda satu dengan lainnya)

3. Ketika anda menekan tombol WPS maka autentiifikasi harus dilakukan oleh router Hotspot dengan menekan tombol WPS juga untuk beberapa detik

4. Jangan lepaskan tombol WPS di router sampai ada notifikasi di HP android bahwa WiFi telah terhubung.

5. Bila berhasil maka android sudah siap digunakan untuk berselancar menggunakan jaringan hotspot tanpa memasukkan sandi.

Itulah Tips cara menyambungkan WiFi android ke jaringan hotspot tanpa menggunakan password. Semoga bermanfaat dan untuk pertanyaan silahkan share di kolom komentar di bawah artikel ini.

0 komentar:

Posting Komentar