Kamis, 29 Maret 2018

Inilah Cara Memperbaiki Baterai Laptop yang Cepat Habis


Karena mobilitas kerja yang sangat tinggi, beberapa profesi memang mengharuskan kita pergi ke mana-mana membawa laptop. Jika laptop kamu masih baru, tentunya daya tahan baterai laptop kamu bisa diandalkan dan bertahan lama. Namun, buat kamu pengguna laptop yang sudah cukup lama pasti merasakan performa baterai laptop yang semakin menurun. Benar nggak?
Penyebab baterai laptop rusak memang sangat beragam, mungkin kita sebagai pengguna laptop kurang mengetahui cara merawat baterai laptop yang baik dan benar. Lalu, bagaimana cara mengatasi baterai laptop yang bocor dan bagaimana cara memperbaiki baterai laptop yang cepat habis? Simak ulasan tuntasnya berikut ini ya.
Cara JITU Mengatasi Baterai Laptop yang Cepat Habis
1. Penyebab Baterai Laptop Cepat Bocor
Baterai laptop rusak atau baterai laptop cepat habis, tentunya sangat mengganggu produktivitas kerja kamu dan harga baterai laptop original pun begitu tinggi. Sebelum Jaka membahas cara mengatasi baterai laptop bocor, kita ulas dulu apa penyebab baterai cepat bocor sebagai langkah perawatan.
  • Penggunaan laptop yang berlebihan: Laptop sebenarnya diciptakan untuk pekerjaan yang ringan dan tidak digunakan untuk bekerja seharian. Bukan untuk kegiatan seperti bermain game berat dan aplikasi dengan grafis tinggi, kecuali laptop gaming.
  • Menggunakan laptop saat di-charger: Itu juga berisiko baterai laptop akan cepat rusak, jadi jangan terlalu sering. Charger terlalu lama juga harus dihindari.
  • Membiarkan laptop mati dalam keadaan baterai kosong: Ini juga sangat berpotensi membuat baterai laptop cepat rusak.
  • Peletakan laptop yang salah: Laptop mengeluarkan hawa panas dan kebanyakan para pengguna laptop kurang mengerti bahwa meletakkan laptop di atas bahan yang empuk seperti di bantal atau kasur dapat menyebabkan aliran hawa panas terganggu.
2. Mengatasi Baterai Laptop Bocor
Itulah penyebab baterai laptop cepat bocor, selanjutnya kita bahas cara memperbaiki baterai laptop yang rusak atau cepat habis yakni dengan cara kalibrasi baterai laptop. Tenang saja, metode ini sangat sederhana dan tidak memerlukan alat apa pun. Kamu hanya perlu mengikuti panduan langkah demi langkah yang Jaka bahas di bawah ini.
Isi P Cara mengatasi baterai laptop yang bocor pertama adalah charger baterai laptop kamu hingga penuh 100%. Kalau baru sebentar sudah penuh, maka untuk memastikan bahwa baterai laptop kamu benar-benar penuh kita tunggu lagi selama 2 jam.
Mengatur Daya
enuh Baterai Laptop
Cara memperbaiki baterai laptop yang cepat habis berikutnya, kamu harus mengatur opsi daya di laptop Windows kamu. Caranya klik tanda baterai dan aktifkan ke modus balance, kemudian atur Turn off the display di baterai Never dan Put the computer to sleep menjadi Never. Oh ya, kamu juga menemui pengaturan power melalui control panel.
Menyiapkan Hibernate & Low Battery Option
Cara memperbaiki baterai laptop yang rusak selanjutnya adalah konfigurasi pilihan Hibernatemelalui Power Options -> Change Plan Settings -> Advance Settings -> Battery -> Set it to hibernate. Lalu, atur Low battery level 5%.
Biarkan laptop menyala hingga baterai terpakai habis dan laptop mati dengan sendirinya. Setelah itu tancapkan lagi charger dan nyalakan laptop. Isi baterai hingga penuh lagi 100%. Selama proses kalibrasi pastikan kamu tidak menggunakan komputer sama sekali. Sekarang proses kalibrasi baterai telah selesai dan kamu bisa mengembalikan lagi Power Plan ke pilihan yang semula.
Proses kalibrasi ini memerlukan siklus menghabiskan baterai dari penuh sampai habis dan mengisinya lagi hingga penuh, sehingga butuh waktu beberapa jam untuk menyelesaikannya. Setelah proses kalibrasi, indikator baterai laptop kamu akan menunjukkan kapasitas power baterai yang lebih akurat.
3. Install Smarter Battery
Cara memperbaiki baterai laptop yang cepat habis tidak bisa membuat baterai yang memang sudah usang atau rusak karena faktor umur kembali menjadi bagus lagi. Baterai laptop cepat habis lebih disebabkan oleh masalah perangkat lunak.
Setelah kamu melakukan kalibrasi, selanjutnya kamu bisa install software Smarter Battery. Ini adalah utilitas pemantauan baterai untuk komputer portabel yang dimaksudkan untuk memberikan semua data baterai kepada kamu. Smarter Battery juga bisa kamu gunakan untuk membantu memperpanjang hidup dan menghemat baterai. Smarter Battery memberikan gambaran yang sangat lengkap tentang kehidupan baterai laptop kamu. Agar data ini akurat, utilitas ini harus terus berjalan sepanjang waktu di laptop kamu.
Itulah cara mengatasi baterai laptop bocor akibat perangkat lunak. Efek dari kalibrasi ini berbeda setiap laptop, tapi rata-rata dapat meningkatkan kemampuan baterai kamu hingga 30-40%. Bagaimana pendapat kamu?



0 komentar:

Posting Komentar