Jumat, 30 Maret 2018

Cara mudah belajar service elektronik


 Saat ini Belajar servis elektronik menurut sebagian orang merupakan perkara yang gampang-gampang susah. Namun sebenarnya belajar menjadi seorang teknisi elektronika tidaklah berbeda dibanding dengan belajar bidang ilmu yang lain.
Selain perlu pemahaman, belajar menjadi seorang teknisi elektronika juga memerlukan ketekunan dan ketelitian. Perlu anda ketahui bahwa sistem belajar agar bisa menjadi seorang teknisi atau tukang servis elektronik yang handal adalah dengan cara praktek. Semakin sering praktek, maka ilmu yang didapat juga semakin banyak.
Lantas bagaimana dengan para pemula? Bisakah mereka langsung praktek? Jawabannya adalah tidak. Buat anda yang benar-benar pemula dan belum pernah terjun langsung di dunia elektro, alangkah baiknya pelajari teori dasarnya dulu. Setelah benar-benar paham, baru anda bisa langsung terjun praktek.
Belajar Servis Elektronik Pemula
Memang untuk menguasai ilmu tertentu diperlukan proses yang tidak sebenarnya. Oleh karena itu kali ini akan kami bagikan tips bagaimana cara belajar servis elektronika dengan mudah dan cepat yang sangat cocok diterapkan oleh para pemula. Jika anda penasaran, bisa langsung simak ulasan berikut ini.
1. Pelajari Teori Dasar Elektronika dan Kelistrikan
Seperti yang telah kami katakan tadi jika anda benar-benar pemula, sebaiknya jangan langsung praktek. Pelajari lebih dulu teori-teori dasar elektronika dan kelistrikan mulai dari apa itu tegangan, hambatan, arus, daya, dan lain sebagainya. Pelajari pula fungsi dari masing-masing komponen elektro, dan pahami juga bagaimana cara kerja rangkaian elektronika.
2. Cari Info Tambahan Seputar Service Elektronika
Nah, setelah anda mempelajari semua teori dasar seputar elektronika, ada baiknya juga anda mencari info tambahan kepada teman, media online, ataupun yang lainnya baik seputar ilmu elektronika, tempat kursus elektronika, sampai dengan tempat dimana anda bisa mendapatkan komponen elektronika lengkap dengan harga yang lebih miring.
Buat jaringan sebanyak-banyaknya dengan para teknisi elektronika yang lain karena di kemudian hari pasti akan sangat bermanfaat bagi anda. Misal saat anda menemukan masalah terkait servis elektro, anda bisa langsung bertanya. Bisa jadi orang yang anda tanya sudah pernah mengalami masalah tersebut dan bisa menyelesaikannya.
3. Persiapkan Alat Dasar Untuk Servis Elektronik
Agar anda bisa memulai servis barang-barang elektronik, tentu anda harus memiliki peralatan dasar untuk service seperti obeng, multitester, tang, solder, dan lain sebagainya. Jika budget anda terbatas, anda bisa membelinya satu per satu sembari menabung dan terus belajar service barang elektronik.
Atau jika tidak, anda bisa meminjam dulu peralatan tersebut kepada teman sesama teknisi. Itulah sebab mengapa membuat jaringan dengan sesama teknisi elektronika adalah hal yang penting dan harus dilakukan. Jika perlatan utama sudah ada, anda bisa langsung memulainya.
4. Buat Kerusakan dan Perbaiki Sendiri
Pepatah mengatakan bahwa semua hal perlu pengorbanan. Hal tersebut memang benar dan sangat relevan diterapkan di dunia service elektronik. Sebelum anda menerima pasien barang elektronik yang rusak, ada baiknya anda latihan lebih dahulu. Caranya adalah dengan merusakkan barang elektronik milik anda sendiri.
Setelah barang tersebut rusak, silahkan cari tahu bagian mana yang rusak dan harus diperbaiki. Dengan begitu anda akan mendapatkan ilmu service elektronik (problem solving) secara langsung. Jika anda berhasil memperbaikinya, berarti skill servis elektronik anda sudah meningkat. Lakukan hal ini berulang-ulang kali.
5. Perbanyak Jam Terbang, Dari Simpel ke yang Rumit
Seperti yang telah kami katakan tadi bahwa skill seorang teknisi elektronika juga dipengaruhi oleh jam terbang. Semakin banyak peralatan rusak yang bisa diperbaiki, maka semakin bertambah pula ilmu servis elektroniknya. Karena ilmu seorang teknisi memang berbasis pada praktek.
Jika anda pemula, silahkan mulai dari hal yang simpel menuju ke hal yang lebih rumit. Jika anda ingin mencoba membuat rangkaian elektronika, buatlah dulu yang simpel. Setelah anda menguasainya, barulah coba rangkaian yang lebih rumit. Hal tersebut akan lebih mudah dan cepat menjadikan anda seorang teknisi elektri yang handal.


0 komentar:

Posting Komentar