Kamis, 29 Maret 2018

Browser Penghhemat Baterai Laptop Hingga 50%


 Saat ini Mobilitas seseorang memang berbeda-beda, ada yang banyak bekerja di luar kantor dengan beban kerja banyak. Sehingga kemana pun ia singgah selalu membawa laptop. Meskipun smartphone dan tablet juga dapat menunjang pekerjaan, soal produktivitas masih kalah jauh dibandingkan laptop.
Sayangnya kebanyakan laptop tak punya daya tahan baterai yang cukup lama, paling banter sampai 6-8 jam. Nah buat kamu yang harus kerja kapan saja dan dimana saja, secara online menggunakan browser di Laptop. Kamu wajib menjajal browser yang satu ini, berikut cara browsing hemat daya hingga 50%.
Inilah Browser yang Bisa Menghemat Baterai Laptop Kamu Hingga 50%
1. Download Browser Opera 39 Versi Developer
Setelah resmi menghadirkan fitur native ad blocker dan VPN beberapa waktu lalu, Opera kembali merilis fitur baru untuk browser versi PC-nya yakni fitur mode hemat daya yang mampu menghemat konsumsi baterai laptop hingga 50%. Untuk diketahui, sementara fitur ini baru bisa dinikmati di browser Opera versi developer. Tertarik mencoba?
Opera memang dikenal kompresi datanya, dimana mampu menyelamatkan kuota internet secara signifikan. Opera pun kembali memanjakan penggunanya dengan menghadirkan fitur mode hemat daya yang pertama untuk browser PC. Intinya jika dibandingkan dengan Google Chrome dan Mozilla Firefox, kamu dapat browsing beberapa jam lebih lama.
2. Tak Perlu Khawatir Kehabisan Baterai
Seperti yang kamu ketahui, browser adalah salah satu perangkat lunak yang paling sering digunakan pada laptop. Browser memungkinkan kamu bekerja secara online dan menjelajah web untuk mencari informasi yang dibutuhkan. Namun, membuka banyak tab secara bersamaanadalah biang kerok yang menyebabkan terkurasnya baterai laptop dengan cepat dan mengurangi kinerja laptop.
Kehabisan baterai pun menjadi saat yang paling menyebalkan, terlebih ketika sedang mengerjakan pekerjaan deadline. Dengan browser Opera ini kamu tak perlu lagi khawatir lagi kehabisan baterai dengan cepat, pengiritan ini bisa terjadi karena mereka melakukan sejumlah modifikasi pada browsernya. Seperti mengurangi aktivitas dari tab latar belakang, menyesuaikan page-redrawing frequency dan pengaturan parameter video playback.
3. Cara Mengaktifkan Mode Hemat Daya
Cara menggunakan fitur mode hemat daya baru ini sangatlah mudah. Setelah kabel listrik laptop dicabut, ikon baterai akan muncul di sebelah kolom pencarian dan alamat di pojok kanan atas. Cukup klik ikon baterai untuk mengaktifkan mode penghematan daya. Browser juga akan mendeteksi ketika baterai laptop akan habis dan akan menyarankan untuk mengaktifkan mode hemat daya.
4. Ini Ujicoba yang Dilakukan Opera
Klaim hemat daya ini didapat dari pengujian yang dilakukan secara internal oleh Opera. Versi pengembang Opera terbaru ini mampu berjalan 50% lebih hemat dari Google Chrome di laptop yang menjalankan Windows 10 64 bit.
Metodenya dengan membuka 11 situs populer, setiap halaman dibuka di tab terpisah, tanpa menutup tab yang sebelumnya. Kemudian di scroll hingga 5 kali dan ditinggalkan selama satu menit. Tes ini diulang hingga laptop benar-benar kehabisan baterai. Ketika pengujian ini dilakukan, modus hemat daya baterai serta ad blocker juga diaktifkan.
5. Peningkatan Performa
Versi developer dari Opera 39 juga membawa penyempurnaan kinerja lebih banyak lagi yang akan memperpanjang usia baterai laptop pengguna. Beberapa bagian dari kode telah disederhanakan, sementara tema animasi telah dioptimalkan. Dalam versi ini, Opera juga menguji cara cerdas mengelola memori, yang menjamin bahwa tab yang terus menerus dibuka seperti Gmail dan Facebook akan jauh lebih responsif.
Ad blocker bawaan yang baru-baru ini dirilis juga dapat mengurangi konsumsi memori hingga 47% dan juga memberikan kontribusi untuk usia baterai yang lebih tahan lama. Dengan menggunakan ad blocker bersama dengan modus hemat daya berarti pengguna akan mendapatkan penghematan daya yang lebih baik dan juga peningkatan kinerja.
6. Perubahan pada Fitur VPN
Selain mode hemat daya ini, Opera juga memperbarui pengalaman browsing dengan VPN. Setelah mendengar banyak masukan dari para pengguna Opera, yang menginginkan kombinasi antara VPN dan mode penjelajahan pribadi. Opera pun mengubah fitur VPN untuk menjadi bagian dari mode private browsing.
Perubahan ini membuat fitur VPN pada browser Opera akan menyediakan privasi yang lebih baik untuk pengguna. Untuk mempermudah kamu menemukan fitur VPN, tombol VPN juga diperlihatkan lebih jelas pada mode jendela pribadi.
Itulah berbagai fitur keren baru Opera, tentunya sangat menggiurkan bukan dan wajib banget kamu coba. Menurut kamu sendiri, dari keempat browser berikut: Google ChromeMicrosoft EdgeMozilla Firefox , dan Opera; manakah yang terbaik?



0 komentar:

Posting Komentar