Jumat, 30 Maret 2018

Inilah Cara Memasang Otomatis Pompa Air Listrik


Saklar pompa air otomatis merupakan sebuah alat yang digunakan untuk membuat pompa air menyala dan mati secara otomatis. Pompa air akan menyala dan mengisi air saat tandon air habis, dan akan mati dengan sendirinya saat tandon air penuh.
Dengan saklar otomatis tersebut, anda tak perlu lagi repot-repot menyalakan dan mematikan pompa air listrik setiap hari. Namun masalahnya tak semua pompa air dilengkapi dengan saklar otomatis. Jadi anda harus memasang saklar otomatis tersebut secara manual jika anda menginginkan pompa air menjadi otomatis.
Nah, kali ini belajarelektronika.net akan mengajak anda semua untuk melihat sedikit informasi mengenai bagaimana cara memasang otomatis pada pompa air dengan mudah dan cepat tanpa ribet. Bagi anda yang penasaran dan ingin tahu informasi lengkapnya, simak langsung ulasan belajarelektronika.net berikut ini.
Cara Memasang Otomatis Pompa Air Listrik
Sebelum memasang saklar otomatis pompa air, anda harus tahu terlebih dahulu bahwa ada dua jenis saklar otomatis yang biasanya terpasang pada pompa air. Saklar pertama adalah saklar yang terpasang pada body pompa air, dan saklar yang kedua adalah saklar yang terpasang pada tandon air.
Saklar yang Terpasang pada Body Pompa Air
Saklar jenis ini merupakan saklar yang menggunakan prinsip kerja tekanan air. Jadi anda bisa menggunakan saklar otomatis ini tanpa tandon. Saat anda membuka kran, maka tekanan air akan melemah dan pompa air menyala secara otomatis. Sebaliknya saat anda menutup kran, maka tekanan akan menguat dan membuat pompa air mati secara otomatis.
Saklar yang Terpasang pada Tandon Air
Saklar jenis ini merupakan saklar yang menggunakan prinsip kerja debit air dan pelampung. Jadi anda bisa menggunakan saklar otomatis ini dengan bantuan tandon. Saat tandon kosong, maka pelampung akan turun ke bawah dan menarik saklar pompa air sehingga menyala. Dan saat air penuh maka pelampung akan naik ke atas dan melepaskan tarikan saklar sehingga pompa air menjadi off.
Perlu diketahui bahwa pemasangan saklar pompa air otomatis baik yang terpasang pada body maupun pada tandon air sebenarnya sama, yakni dengan memutus kabel positif dari jalur utama listrik yang menuju pompa air. Oke, langsung saja berikut adalah informasi lebih detailnya.
  1. Pertama-tama sambungkan kabel positif listrik ke salah satu terminal saklar otomatis
  2. Setelah itu sambungkan terminal kabel saklar otomatis yang lain ke salah satu kabel pompa air
  3. Sambungkan juga kabel negatif listrik ke kabel pompa air yang satunya
  4. Jangan lupa bungkus kabel dengan isolasi untuk menghindari hubungan singkat atau korsleting
  5. Bila perlu, pasang kabel grounding pada sekrup body pompa air
  6. Untuk saklar yang terpasang pada body pompa air, buka salah satu kran sebelum saklar terpasang
  7. Jika pompa air tidak mau menyala, putar sekrup penyetel sampai menyala
  8. Setelah berhasil menyala, tutup kembali kran air
  9. Sedangkan untuk saklar tandon, jangan lupa pasang pelampung sesuai dengan ketinggian tandon


0 komentar:

Posting Komentar